Pages

Thursday, July 10, 2014

Ekpresi Wajah





Unknown | 8:29 PM | 1 Comment





Ekspresi Wajah
            Bahasa tubuh merupakan salah satu jenis komunikasi non verbal (tidak menggunakan kata-kata) melainkan menggunakan tubuh misalnya saja dengan menggunakan ekspresi wajah. Ekspresi wajah merupakan salah satu jenis dari bahasa tubuh sehingga ekpresi wajah itu sendiri dapat diartikan sebagai  bentuk komunikasi nonverbal, yang dapat menyampaikan keadaan emosi dari seseorang kepada orang yang mengamatinya.
            Manusia dapat mengalami ekspresi wajah tertentu secara sengaja maupun tidak disengaja, akan tetapi pada umumnya ekspresi wajah itu dialami secara tidak sengaja hal ini terjadi akibat perasaan atau emosi manusia tersebut. Biasanya amat sulit untuk menyembunyikan perasaan atau emosi tertentu dari wajah, walaupun banyak orang yang merasa amat ingin melakukannya. Misalnya saja, orang yang mencoba menyembunyikan perasaan bencinya terhadap seseorang, pada saat tertentu tanpa sengaja akan menunjukkan perasaannya tersebut di wajahnya, walaupun ia berusaha menunjukkan ekspresi yang netral.
            Ekspresi wajah merupakan salah satu jenis bahasa tubuh yang sering digunakan oleh kebanyakan  manusia, sadar atau tidak suka atau tidak ekspresi wajah pasti akan dialami oleh setiap manusia yang hidup, sebagaimana yang telah dijelaskan diatas bahwa ekpresi wajah merupakan pencintraan dari suatu perasaan atau emosi dengan demikian sudah pastilah setiap manusia akan merasakan yang namanya emosi atau perasaan sebagai contoh bahagia, sedih, marah dan lain-lain manusia mana yang belum pernah merasakan itu semua ?

Gambar 1 : Contoh Ekspresi Wajah
Ekspresi wajah memang sudah tidak asing lagi bagi kita walaupun kita mungkin tak sadar namun sudah pasti kita sering menggunakan ekspresi wajah sebagai alat komunikasi bagi kita, bahkan ketika kita masih bayi dan belum bisa mengatakan sesuatu kita sudah dulu bisa mengerti bahsa tubuh ini karena ketika kia masih bayi kita menggunakan ekpresi wajah untuk menyampaikan apa keiginan kita kepada orang yang lebih tua dari kita entah ibu ibu, ayah atau sapa saja. Mungkin kita tak pernah sadar dan tahu apa saja ekpresi wajah yang digunakan sang bayi untuk menyampaikan perasaannya kepada kita selaku keluarga atau orang yamg lebih tua darinya, mungkin bagi si bayi tak masalah kalau ia idak mengerti dengan ekspresi wajahnya namun bagi orang tuanya sudah harus mengerti apa yang disampaikan si bayi lewat ekpresi wajah tersebut. Ada beberapa prinsip utama yang dapat menjadi panduan orang tua dalam membaca ekspresi wajah bayi:
Tersenyum
Senyum yang sesungguhnya baru muncul pada minggu keenam atau kedelapan. Bayi mengekspresikan perasaan puas dan senangnya dengan tersenyum. Misal, untuk hal-hal sederhana seperti menikmati handuk lembut setelah mandi. Balas senyumnya dan katakan betapa ia terlihat manis saat tersenyum. Walaupun belum mengenal kata-kata, ia akan mengerti.
Meniru ekspresi Anda
Saat Anda merasa gelisah, kesal, marah, atau takut, si kecil akan meniru ekspresi Anda. Ia akan selalu menatap wajah Anda untuk melihat perasaan Anda dan kemudian menirunya. Itu sebabnya lebih baik jika Anda tidak menggendong si kecil saat merasa marah atau sangat terganggu.
Menghindari tatapan Anda
Ini tandanya si kecil sedang ingin ‘istirahat’ dari aktivitasnya bersama Anda. Kadang ia dengan keras kepala menolehkan wajahnya ke arah lain, bermain-main dengan  jari tangan atau kakinya, bahkan menangis! Beri bayi waktu sendirian, lalu dekati kembali setelah beberapa saat.
Selain itu ada beberapa ekspresi wajah yang sudah lumrah digunakan oleh kita dan dengan seringnya digunakan maka banyak orang yang tahu makna dari ekpresi wajah tersebut diantara ekspresi wajah yang sudah lumrah tersebut ialah :
Senyuman palsu
Seperti sempat disebutkan tadi di atas, senyuman palsu itu yang bagaimana sih? Ciri senyuman tidak tulus ini menciptakan garis kerutan pada sudut bibir. Berbeda dengan senyuman yang tulus, yang akan menciptakan garis kerutan di sudut mata. 

Mimik asimetris
Adalah ekspresi wajah yang berbeda antara wajah bagian kiri dan kanan, yang menunjukkan bahwa orang tersebut tidak berbicara hal yang sebenarnya. 

Pupil yang membesar
Ketika ukuran pupil mata seseorang membesar, maka ia sedang menunjukkan sebuah ketertarikan, semangat, sedang memiliki mood yang baik. 

Menutup mata saat berdiskusi
Ketika beberapa kali seseorang menutup mata seperti berusaha membayangkan sesuatu, orang tersebut sebenarnya sedang berusaha keras berpikir atau mengingat-ingat. 

Terlalu sering berkedip
Hanya ada satu hal yang bisa terbaca apabila seseorang terlalu sering berkedip dan tanpa ritme, ia sedang berbohong. 

Bibir sedikit terbuka
Ketika seseorang sedang berbincang dengan bibir sedikit terbuka, maka ia sedang merasa tertarik akan topik pembicaraan atau pada si pembicara.
Selain ekspresi wajah diaas masih banyak lagi ekspresi wajah yang sudah lumrah atau biasa di kehidupan manusia seperti marah, bahagia dan sebagainya. Ekspresi wajah bagi manusia tidak lah sedikit bahkan para peneliti Amerika Serikat mengidentifikasi setidaknya terdapat 21 ekspresi wajah berbeda yang dapat digunakan untuk meneliti asal usul emosi dalam otak manusia.
"Selama berabad-abad, para peneliti meyakini jumlah ekspresi hanya sedikit, mungkin enam ekspresi, seperti senang, terkejut, sedih, marah, jijik dan takut," kata peneliti kognitif dan profesor teknik komputer dan elektro Ohio State University Aleix Martinez, seperti dilansir kantor berita Xinhua.
"Penelitian kami menyebutkan terdapat sedikitnya ada 21 ekspresi. Masih memungkinkan untuk kami dalam mengidentifikasi kategori emosi lainnya," kata dia.
Martinez dan muridnya yang merupakan mahasiswa tingkat doktoral, Shichuan Du dan Yong Tao, mampu menambah temuan ekspresi wajah dengan mengkombinasi elemen dari enam dasar ekspresi untuk membuat ekspresi gabungan seperti "terkejut senang" atau "jijik menakutkan". Temuan itu dipublikasikan pada jurnal "Proceedings of the National Academy of Sciences".
Riset itu merekam foto 230 sukarelawan, yang terdiri dari 130 wanita dan 100 pria yang mayoritas siswa universitas. 
Masing-masing sukarelawan memberikan respon untuk pernyataan verbal : "Ada berita baik yang tidak disangka-sangka untuk Anda" (ekspresi terkejut senang) atau "Kamu mencium bebauan" (ekspresi menjijikkan).
Pada 5.000 gambar yang dihasilkan, para peneliti bersusah payah menandai tampilan menonjol pada otot-otot wajah itu, seperti sudut mulut atau garis luar alis mata.
Untuk menentukan apakah sebuah ekspresi cukup unik jika dibandingkan dengan lainnya, tim menganalisis setiap ekspresi dengan Sistem Pengkodean Gerakan Wajah (FACS).
FACS merupakan metode standar untuk menganalisis bahasa tubuh yang dapat mengenali kelompok otot wajah saat manusia ingin membuat ekspresi.
Analisa FACS mengungkapkan bahwa 21 ekspresi menggunakan kombinasi unik dari otot-otot, yang kombinasi itu berbeda dengan ekspresi lainnya. Contohnya, ekspresi senang itu nyaris dapat dikatakan universal dengan persentase kesamaan 99 persen dari total percobaan. 
Peserta penelitian mengekspresikan kesenangan dengan memainkan pipinya dan meregangkan mulut mereka saat senyum.
Rasa terkejut juga mudah dideteksi dengan persentase 92 persen sama. Peserta penelitian yang terkejut membuka mata mereka lebar dan membiarkan mulut mereka terbuka lebar.
Ekspresi "terkejut senang" adalah gabungan ekspresi dari senang dan terkejut.  Sebanyak 93 persen dari percobaan, peserta berekspresi dengan cara yang sama yakni dengan mata yang terbuka karena terkejut, pipi yang terangkat karena senang dan mulut yang merupakan turunan dari keduanya, baik mulut terbuka dan membentang untuk tersenyum.
"Penelitian ini menyarankan sistem kognitif menggunakan sedikitnya 21 kategori emosi untuk memproses pikiran internal dan mengintrepretasi respon dari dalam dan luar yang diterima," kata dia.
"Penelitian mengenai emosi menggunakan 21 kategori, sebagai contoh, untuk lebih mengerti psychopathology (studi ilmiah mengenai gangguan mental),di mana pengolahan emosi menyimpang dari umumnya, dan kadang-kadang menyebabkan perilaku traumatis seperti stres karena trauma," kata Martinez.
Ekspresi wajah meliputi pengaruh raut wajah yang digunkan untuk berkomunikasi secara emosional atau beraksi terhadap suatu pesan. Bahasa tubuh jenis ekspresi wajah ini terdiri dari seluruh bagian dari wajah atau semua yang ada di bagian wajah yakni mata, mulut, alis dan lain-lain.
Dalam ilmu fisiogomi yakni ilmu firasat wajah atau ilmu membaca karakter seseorang lewat wajah menjelaskan bahwa wajh ipakai sebagai pedoma di fisiognomi karena wajah merupakan organ tubuh yang biasaya tidak tertutup. Selain itu untuk melihat wajah seseorang, kita tiak perlu meminta izin kepada yang bersangkutan. Secara sederhana wajah bisa dilihat dari foto atau berhadapan secara langsung. Penguasaan ilmu fisiognomi akan memberikan manfaat yang besar sekali dan dapat meluaskan cakrawala serta pengetahuan terutama yang berhubungan antara manusia. Dengan kita mempelajari ilmu fisiognomi ini kita akan mendapakan beberapa manfaa, diantaranya :
1.      Dapat mengenal lebih baik dari sendiri
2.      Lebih memahami secara mendalam kepribadian orang lain
3.      Sangat menghargai kehidupan, persaudaraan dan persahabaan
4.    Dapat menganalisis bermacam watak dan sifat orang lain yang kita ajak bicara.
Bahkan dalam ilmu ini juga kita bisa melihat watak seseorang hanya dengan melihat bentuk wajahnya saja, dan diantaranya :

1.      Bentuk wajah bulat
Bentuk wajah ini pada umumnya mempunyai struktur tulang yang kuat. Itu menunjukan watak, aktivitas mental yang sangat kuat, tahan terhadap penyakit dan rasa percaya diri yang tinggi, namun orang yang mempunyai bentuk wajah yang bulat lebih cenderung malas.
2.    Bentuk wajah berlian
Wajah berlian mempunyai dahi yang sempit, tulang pipih yang menonjol dan dagu lancip, itu artinya mereka hanat dan diberkahi kemauan kuat serta keberuntungan dalam karir, namun sayangnya orang tipe ini cenderung egois dan kurang peduli pada moral.
3.      Bentuk wajah persegi panjang
Wajah ini menunjukkan kreativitas, kepandaian dan penguasaan diri, tapi juga menunjukkan ketidaksetiaan. Orang Cina menyebut  bentuk wajah ini seperti pohon, karena mirip dengan batang pohon. Pemiliknya umumnya orang yang suka pada introspeksi diri  yang menakjubkan dan dapat mengendalikan perasaan untuk mengatasi hal atau masalah. Mereka juga kreatif dan beruntung dalam  hidup. Menurut imajinasi Cina, hal ini secara simbolik diwakili oleh pohon yang pada musim semi berdaun kembali. Banyak orang dari kalangan ini mencapai sukses namun sangat terikat pada pekerjaan yang dianggap nomor satu dalam hidup,  sehingga terkadang menjadi masalah di dalam kehidupan rumah tangga mereka.
4.      Bentuk wajah persegi
Pemilik wajah ini umumnya punya karakter stabil, jujur dan seimbang. Mereka adalah orang-orang yang biasa membuat kepuasan.  Bisa menikah lebih dari sekali dan pecinta yang berapi-api. Wajah persegi menandakan pribadi yang peka pada persoalan umum, rasa implusif dan terkadang keras kepala. Kalau pria, biasanya kukuh pada pendirian, mereka juga dikenal sebagai orang yang bergairah, hanya repotnya tidak setia dalam bercinta  karena mudah dirayu. Murah hati juga ciri yang paling nyata. Mereka selalu menjadi teman yang baik dan setia. Mereka selalu  menempatkan teman-temannya nomor satu dalam hidup, imbalannya meminta dari mereka kejujuran dan kepatuhan.
5.     Bentuk wajah rahang sempit berdagi lebar
Orang Cina menghubungkan wajah ini dengan unsur bumi, karena bentuknya yang bagus dan hanya berubah sedikit oleh usia. Mereka  cenderung agresif dan keras kepala. Kalau memutuskan mereka harus melihat hasilnya secepat mungkin. Mereka pun siap bertempur  sampai titik darah penghabisan demi tercapainya kehendak, terutama untuk kehidupan emosional mereka.  Kalau pria, sulit menjadi ayah yang sempurna karena tidak mampu bergaul dengan anak-anaknya dan cenderung  tidak mengikuti pertumbuhan anaknya.
6.      Bentuk wajah segitiga
Wajah ini mengungkapkan semangat yang tak kenal lelah, ditambah meluap, otak cerdas dan sensual. Mereka biasanya ambisius dan  cenderung menonjolkan diri. Banyak penggoda hebat dalam sejarah seperti Mary Tudor dan Elizabeth dari Austria termasuk  golongan ini, juga artis Merlene Dietrich, Pier Angeli dan Elizabeth Taylor. Umumnya tipe ini sering tidak bahagia dalam  kehidupan cinta.
Mereka cenderung meninggalkan keluarga untuk menuruti dorongan hati. Dalam beberapa kasus, konflik jiwa kerap mempengaruhi  perilaku mereka. Saat tertarik pada pengalaman baru dan terpesona oleh hubungan mesra pada lawan jenis, mereka dapat  menentang keputusan mereka untuk melakukan perjalanan, pindah kerja atau lari dari rutinitas keseharian yang dianggap sebagai pengganggu.
7.      Bentuk wajah dahi lebar dengan dagu persegi
Mereka umumnya memiliki daya hidup yang kuat, gigih, tapi sulit berpikir positif. Suka mencari perhatian dan meraih  keuntungan dari setiap kesempatan yang diberikan oleh hidup. Hidup mereka dipenuhi kegiatan dan penantian. Ramah, tapi sulit  dijadikan teman. Selalu tegang dan kurang spontanitas. Sangat hebat dalam bercinta, tapi mau enak sendiri. Karena itu mereka  tidak ragu-ragu memutuskan hubungan, jika dianggap mengganggu karir atau posisi sosial.
Punya perhatian besar pada prestasi fisik. Banyak penerjun dan pembalap punya wajah tipe ini. Karena tidak suka buang waktu  untuk tujuan sepele, akibatnya mereka sering tampak tidak tertarik pada sesuatu.
Mereka umumnya dikaruniai umur panjang, seakan-akan mereka menjaga energi untuk tujuan-tujuan penting. Mereka pandai  berbicara, tenang namun bisa berubah keras kepala.
8.      Bentuk wajah dengan tonjolan tulang pipi
Mutu utama pemilik wajah dengan tulang pipi menonjol adalah watak yang kuat, tekun, energi mental serta kemampuan bangkit dari kejatuhan. Kesalahan mereka biasanya berasal dari diri sendiri. Orang dengan tipe wajah ini sering menjadi pemimpin,  namun kerap juga muncul di kalangan petualang-petualang yang kurang baik atau seperti penjahat dan mata-mata.
Mereka dikenal tidak stabil dan gelisah. Jika pria punya bentuk wajah seperti ini biasanya tidak mampu menjadi suami yang  setia dan dipercaya. Wanita pun begitu, tidak stabil dalam kehidupan cintanya, cenderung menguasai pasangan dan sangat senang  dirayu. Untuk hidup bahagia dengan mereka diperlukan kemampuan untuk mendukung kecenderungan mereka dan memberikan  pertimbangan.
Walaupun diatas sudah dijelaskan bahwa ekspresi wajah ini terjadi secara idak disengaja dan sulit untuk menutupinya namun ada sebagian orang yang mengatakan bahwa ekspresi wajah banyak dipengaruhi oleh faktor visual, hanya mengandalkan penglihatanpun kita dapat dengan mudah memberikan reaksi berupa ekspresi. Kita akan membalas senyum kepada orang lain yang melempar senyum terlebih dahulu, hal itu membuktikan bahwa faktor visual dalam ekspresi wajah sangat dominan. Contoh lain lagi yang membuktikan faktor visual (penglihatan) lebih dominan daripada faktor peraba, penciuman, ataupun pendengaran ketika satu kelas menonton Human Face, tepat ketika adegan yang memperlihatkan balita yang terkena mobium sindrom pada akhirnya bisa tersenyum, kitapun sebagai audiencejuga ikut tersenyum bahagia. Wajah manusia memiliki ratusan ekspresi untuk mendiskripsikan perasaan yang sedang terjadi. Kerap kali kita hanya menganggap remeh ekspresi wajah lawan bicara kita, padahal melalui ekspresilah kita akan dapat memahami apa yang menjadi sebenar-benarnya keinginan mereka.
Ada pula yang mengatakan bahwa ekpresi wajah merupakan suatu pilihan kita dan kita berhak untuk memilihnya apakah anda menganggap hidup ini penuh dengan penderitaan sehingga muka anda masam dan bertekuk-tekuk, atau hidup adalah anugerah yang penuh dengan karunia dan nikmat yang harus disyukuri? Kabar baiknya adalah Anda bebas menentukan Ekspresi wajah anda sendiri, sebagai contoh Lady Diana adalah seorang putri kerajaan Inggris yang banyak sekali cobaan dalam hidupnya akan tetapi Dia tetap memilih untuk selalu tersenyum mengekspresikan ketulusan dan kebeningan hatinya. Ekspresi wajahnya yang selalu menebar senyum menjadikannya putri bagi setiap hati pemujanya di seluruh dunia.
Ada juga yang mengatakan bahwa  Ekspresi wajah adalah pilihan hidup. Jauh lebih mudah menjalani hidup apabila kita memilih ekspresi wajah yang selalu berseri-seri. Anda berhak bahagia. Jangan ada sesuatupun atau siapapun yang merebut kebahagiaan Anda. Ada tiga rahasia untuk tetap bahagia dengan senyum terus mengembang.
Pertama, pandai-pandailah mengambil hikmah dari setiap Qudrat (kekuasaan) dan Iradat (Kehendak)Tuhan. Masa lalu adalah sesuatu yang sudah given dan waktu tidak bisa diputar ulang. Kalo nasi sudah menjadi bubur, maka bubur tidak bisa kembali menjadi nasi. Kita hanya bisa membuat bubur yang paling enak. Jangan menolak ketetapan Tuhan. Belajarlah ikhlas menerima dan berdamai dengan diri sendiri.
Kedua, selalu sibuk mensyukuri karunia dan nikmat Tuhan yang tidak terbilang hari ini. Kita hanya hidup di hari ini. Kita lahir tidak bawa apa-apa. Nanti meninggal juga tidak bawa apa-apa. Semua yang kita punya adalah titipan dan amanah Tuhan. Jangan terlalu bangga dan sombong dengan apa yang kita miliki sekarang (suami/istri, anak, harta, kekuasaan, dan lain sebagainya). Karena besok belum tentu masih milik kita. Jangan terlalu sedih terhadap apa yang luput dari harapan, karena hari esok sangat mungkin Tuhan memberikan sesuatu yang malah melebihi harapan.
Ketiga, jangan terlalu mencemaskan masa depan, karena itu adalah urusan Tuhan bukan mahluk. Kita hanya berusaha berikhtiar yang terbaik di saat ini. Hasilnya tetap hanya rahasia Tuhan. Jangankan manusia, malaikatpun tidak berdaya akan Qudrat dan Iradat Tuhan. Kalo ada Jin mengaku tahu, itu hanya menipu dan kebohongan yang nyata. Life is temporary – so if going good – enjoy it. If going bad – don’t worry. Mari kita jadikan dunia ini sebagai ladang rezeki sekaligus ladang amal, hanya dengan ekspresi wajah yang selalu berseri-seri.



By Unknown
A Short Description about youself







Stay Connected With Us
Feed Icon Twitter Icon Facebook Icon Google+ Icon Youtube Icon


Share and Spread Share On Facebook +1 This Post Digg This Post Stumble This Post Tweet This Post Tweet This Post Tweet This Post Save Tis Post To Delicious Share On Reddit Bookmark On Technorati


Related Articles

JOIN THE DISCUSSION

Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments

1 comments:

  1. Hai sahabat2 dunia maya... Apa kabar kalian Hari ini?
    Semoga sehat selalu ya..

    Oya sob, Pernah dengar tentang bahasa wajah apa belum?
    Ternyata dengan melihat beberapa ciri dari bagian wajah kita, kita bisa tahu kepribadian dari Orang tersebut, Ini cocok banget buat sobat yang lagi ngejar Gebetan.. hehhee..

    Simak ulasan lengkapnya di mari sob >> https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=882796765148128&id=882795181814953

    Oya, Like juga ya Fans Page Bahasa Wajah​ , Kamu bisa baca2 sifat dan karakter manusia dilihat dari bahasa wajahnya... Seru deh sob , so jangan sampai ketinggalan sob >> https://www.facebook.com/Bahasa-Wajah-882795181814953

    Atau Bisa Langsung di mari juga lho sob >> www.bahasawajah.blogspot.com

    ReplyDelete