Pages

Thursday, July 10, 2014

Perancangan Bisnis “Web Development”





Unknown | 8:31 PM | 0 Comments





Perancangan Bisnis
“Web Development”
A. Pendahuluan
Perkembangan teknologi informasi pada saat ini khususnya teknologi internet telah mengalami perkembangan yang begitu pesat, tidak menutup kemungkinan banyak potensi dan peluang yang dapat dimanfaatkan. Sekarang ini, pemanfaatan teknologi informasi tidak sekedar sebagai fasilitas suatu perusahaan untuk menjalin hubungan dengan relasinya tetapi juga dapat memberikan kesan baik dan profesionalisme sebuah kinerja perusahaan. Adanya website dan begitu banyaknya komunitas bloger mulai membuat banyak peluang untuk melakukan bisnis di dunia maya. Banyaknya instansi-instansi pemerintah, instansi swasta, organisasi dan individu dalam arti para bloger membuat peluang bisnis di dunia maya begitu menjanjikan. Hal tersebut dikarenakan masih sedikit dan jarangnya kemampuan para pengguna internet untuk memanfaatkan bisnis dalam dunia maya sehingga dipastikan membutuhkan orang-orang yang berpengalaman dalam memberikan jasa pelayanan dibidang pembuatan web beserta desainnya.
Pengguna teknologi informasi khususnya di bidang internet semakin meningkat setiap waktu. Banyaknya kaum bloger yang ingin menuliskan idealisme-idealismenya dan menunjukkan kepada khalayak umum tentang pemikiran, interesting, hingga membuat komunitas-komunitas untuk menyatukan visi dan misi membuat kebutuhan akan web sebagai media penghubung sangat penting. Hal ini kami lihat sebagai sebuah peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Setiap orang yang membutuhkan web yang akan mencari jasa layanan web hosting dan domain untuk memenuhi keinginan mereka. Jika kemampuan mereka dalam desain hingga mengatur blog belum mumpuni maka akan membutuhkan jasa desain web untuk mengatasi hal tersebut. Bagi perusahaan swasta dan instansi keberadaan web akan banyak membantu dalam berbagai kebutuhan seperti memperlihatkan profil dan latar belakang perusahaan atau instansi, pemasaran produk, jumlah kapasitas teknologi yang dimiliki perusahaan atau instansi, jumlah informasi yang akan dipublikasikan kepada khalayak umum akan mempengaruhi perkembangan dari perusahaan atau instansi tersebut. Peluang yang besar dalam bisnis ini akan membantu berbagai pihak dalam hal informasi dan pemasaran. Bagi para pemilik UKM yang ingin memasarkan produknya hingga luar negeri agar lebih banyak dikenal orang sehingga membutuhkan media web sebagai salah satu cara untuk mempromosikan produknya.



B. Analisis Produk
Pembuatan Web dan Design Web
Untuk instansi, perusahaan, organisasi, UKM hingga bloger yang ingin memiliki website dapat memesan sesuai dengan keinginan sehingga kami selaku reseller web dapat memberikan layanan sesuai yang diinginkan. Selain sebagai web developer kami juga memberikan jasa pembuatan design web. Untuk membuat website biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa website designer. Saat ini sangat banyak jasa web designer, terutama di kota-kota besar. Perlu diketahui bahwa kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakin banyak penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung pembuatan situs maka akan dihasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pula sebaliknya. Jasa web designer ini yang umumnya memerlukan biaya yang tertinggi dari seluruh biaya pembangunan situs dan semuanya itu tergantung kualitas designer. Program-program desain website salah satunya adalah Macromedia Firework, Adobe Photoshop, Adobe Dreamweaver, Microsoft Frontpage, Adobe Flash, dll.
C. Analisis Pasar
Pasar internet untuk desain, hosting web dan domain di Indonesia masih memiliki potensi yang besar. Pengguna internet Indonesia yang masih di kisaran angka 10 persen pada tahun 2008 memiliki potensi besar untuk wirausaha di bidang desain, hosting web dan domain. Konsumen utama pengguna jasa domain dan hosting umumnya rata-rata usia 15 – 40 tahun untuk orang Indonesia dan 13 – 50 tahun untuk orang-orang luar negeri sesuai dengan tingkat kebutuhan penggunaan dimana mereka memerlukan layanan hosting dan domain untuk berbisnis, berorganisasi, maupun media komunikasi dan berbagi informasi. Konsumen hosting dan domain khususnya paling banyak kalangan usia 16 – 30 tahun dengan tidak membedakan gender, tingkat ekonomi dan domisili. Memang secara umum pelanggan jasa ini adalah orang dengan tingkat ekonomi menengah hingga atas dengan di dukung tingkat pendidikan minimum sekolah lanjutan atau sekolah menengah ataupun dengan pengetahuan yang cukup di dunia maya.
Potensi usaha yang begitu menjanjikan dikarenakan pengguna jasa layanan internet di dunia terus meningkat membuat bisnis ini begitu prospektif. Apalagi bisnis di dunia maya tidak terbatas waktu dan tempat. Bisnis dapat dilakukan dimanapun dengan mendapat konsumen dari negara manapun tanpa batas. Target market dari web development ini yakni :
Target Marketnya adalah konsumen yang belum memiliki website dan belum memiliki akun web atau blog di dunia maya contohnya sekolah, komunitas, individual hingga perusahaan yang akan berkembang sehingga memerlukan layanan web design.
Untuk memasarkan atau mempublikasikan bisnis ini kepada masyarakat luar kami gunakan dua cara atau langkah yakni cara offline dan cara online
Ø Cara Offline
            Cara offline ini merupakan cara manual atau tidak menggunakan layanan internet, atau biasanya cara ini dipakai pada jaman internet belum begitu berkembang dan menggunakan bentuk hardcopy namun walaupun layanan inernet sudah berkembang kami berniat akan tetap menggunakan layanan ini karena kami berpikir tidak semua orang sering membuka internet dan juga mungkin hanya sdik orang yang tahu situs atau alamat kami, sehingga sengan demikian kami memutuskan akan tetap menggunakan layanan atau cara ini. Salah satu contohnya yang akan kami gunakan adalah dengan menggunakan pamplet, brosur, dan sebagainnya.
Ø Cara Online
Cara online dapat di lakukan dengan cara memasang iklan pada web yang sering dikunjungi seperti google.com, yahoo.com, dll. Dengan cara itu maka setiap orang yang menggunakan mesin pencari web tersebut dengan mengetikkan hal yang berhubungan dengan brand bisnis maka akan direkomendasikan untuk mengunjungi ke alamat brand bisnis.
Selain berdasarkan target marketnya tentunya media promosi dapat dilakukan sesuai dengan trend, budaya, hingga kebiasaan konsumen sehingga diharapkan cara-cara promosi yang efektif dan efisien. Selain itu juga kami sediakan alamat situs kami dimana orang-orang bisa mengunjungi situs tersebut untuk melihat atau mencari informasi-informasi dan juda bisa langsung memesan web tersebut.
D. Analisis Produksi
a.  Bahan baku, bahan penolong dan peralatan yang digunakan.
- laptop atau PC 4 buah
- kantor dan perlengkapannya

b. Proses produksi/operasi.
1. Menyiapkan infrastruktur
• Persiapan kantor offline
• Persiapan peralatan kantor
• Pembelian laptop atau PC
• Pemasangan/registrasi internet
• Pembuatan kop surat, kuitansi, nota, stempel dll.
2. Membuka akun bank
• Registrasi di bank BCA, BNI, Mandiri, BRI
• Registrasi akun di Paypal, Alertpay
3. Rekruitment personalia
• Desainer
• Analisis dan pembuat web (programmer web)

5. Membuat website usaha
6. Melakukan promosi/strategi pemasaran
7. Pemasaran
Pemasaran dilakukan secara online maupun offline sesuai dengan strategi yang telah direncanakan.
8. Pelayanan konsumen meliputi:
- pembuatan web dan design web.

E. Analisis Keuangan
a. Kebutuhan Investasi          
Pemasukan :
- Modal Pinjaman: Rp. 25.000.000
Pengeluaran
Kebutuhan Jumlah Satuan Harga Total
Pembelian Laptop 4 buah @5.000.000                                            Rp.20.000.000
Pemasangan WIFI                                                                            Rp.     350.000
Stempel 1 buah @50.000                                                                 Rp.        50.000
Nota 10 paket @10.000                                                                   Rp.       100.000
Total Kebutuhan Investasi                                                                            Rp. 20.500.000

b. Harga Penjualan
            Kami menjual atau membuka harga untuk upah jasa pembuatan web ini kami anggarkan antara 1 juta sampai 10 juta diliha dari komplek atau tidaknya web yang dipesan tersebut
F. Jadwal Kegiatan.
            Jadwal yang akan kami bangun dan terapkan terdiri dari jadwal harian dan jadwal bulanan.
            Jadwal harian ini bisa disebut dengan piket atau jadwal kerja kami, kami akan bekerja dari jam 08.00 WIB sampai jam 16.00 WIB.  Di jadwal harian ini juga kami gunakan untuk mempromosikan lagi usaha aau bisnis kami.
            Sedangkan jadwal bulanan ini, kami unakan unuk efaluasi keseluruhan baik itu dari interen maupun dari eksteren yang kemudian kami gunakan untuk meningkatkan kinerja kami dan kepuasan para komsumen.



By Unknown
A Short Description about youself







Stay Connected With Us
Feed Icon Twitter Icon Facebook Icon Google+ Icon Youtube Icon


Share and Spread Share On Facebook +1 This Post Digg This Post Stumble This Post Tweet This Post Tweet This Post Tweet This Post Save Tis Post To Delicious Share On Reddit Bookmark On Technorati


Related Articles

JOIN THE DISCUSSION

Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments

0 comments: