1. Latar
Belakang Masalah
Di
Politeknik Komputer Niaga (PKN) LPKIA Bandung memiliki data informasi mengenai
akademik baik itu mengenai mata kuliah, nilai, beasiswa, dll yang harus
disampaikan kepada mahasiswa/i. selain itu mahasiawa/i juga harus melakukan
registrasi ulang setelah ujian atau pada saat menuju ke semester selanjutnya.
Banyak terdapat papan pengumuman yang tersedia sebagai
media informasi, selain itu Informasi bisanya di berikan melalui Ketua
Mahasiswa (KM). Sedangkan registrasi ulang dilakukan secara manual yang berarti
mahasiswa/i harus membayar biaya registrasi ulang dan mengisi formulir
perkuliahan kebagian administrasi yang biasanya dilakukan pada saat pertengahan
liburan semester. hal tersebut sangatlah tidak efektif karena cukup menyita
waktu mahasiswa/i.
Berdasarkan
beberapa masalah di atas, maka
penulis tertarik untuk membangun suatu
aplikasi untuk mempermudah dan membuat informasi tersebut menjadi lebih efektif
baik dari segi waktu dan juga tempat, sehingga informasi tersebut tersampaikan
kepada mahasiswa/I dengan baik, maka penelitian ini diberi judul “Aplikasi Sistem Informasi Akademik PKN
LPKIA Bandung”.
2. Identifikasi
Masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas, identifikasi dari masalah yang ada yaitu bagaimana cara untuk mempermudah penyampaian informasi dari pihak sekolah ke
pihak mahasiswa/i baik itu tentang nilai, absensi, dosen, mata kuliah dan
lain-lain serta bgaimana cara mempermudah mahasiswa/i untuk melakukan registrasi ulang.
3. Maksud
dan Tujuan
Adapun
maksud dari penelitian ini adalah untuk membuat
suatu aplikasi yang dapat mempermudah mahasiswa/i dalam mendapatkan informasi
dan melakukan registrasi ulang yang berbasis web.
Sedangkan
tujuannya adalah :
1.
Memudahkan dan membantu mahasiswa dalam mendapatkan informasi mengenai
akademik
2.
Mengefektifkan penyampaian informasi mengenai akademik
3.
Mengurangi biaya
4.
Mengefektiskan waktu dan tempat
5.
Mengurangi dokumen yang berupa fisik
4. Batasan
Masalah
Dalam
penelitian ini penulis membatasi masalah sebagai berikut :
1. Aplikasi ini menyampaikan informasi berupa nilai
akhir, perkuliahan (materi
dan tugas), beasiswa dan kegiatan yang diselenggarakan oleh kampus.
2. Aplikasi ini dapat digunakan untuk registrasi ulang
dalam hal memilih mata kuliah.
3. Aplikasi ini harus digunakan dengan disertai jaringan
internet
5. Metodologi
Penelitian
Metodologi
yang digunakan dalam penulisan proposal ini adalah sebagai berikut :
1.5.1
Tahap
pengumpulan data
Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
a. Studi Literatur
Pengumpulan
data dengan cara mengumpulkan literatur, jurnal, paper dan bacaan-bacaan lain yang ada kaitannya dengan penelitian.
b.
Wawancara
Wawancara yaitu teknik pengumpulan data dengan cara
tanya jawab langsung dengan responden.
c. Observasi
Teknik
pengumpulan data dengan mengadakan penelitian dan pengamatan langsung ke tempat
penelitian (LPKIA) terhadap permasalahan yang diambil
6. Sistematika
Penulisan
Sistematika
penulisan proposal penelitian ini disusun bertujuan untuk memberikan gambaran secara
umum tentang suatu penelitian yang sedang dijalankan. Sistematika penulisan
penelitian ini terdiri dari :
1. Latar Belakang
Latar
belakang ini berisi tentang sedikit penjelasan mengapa kita melakukan
penelitian ini, selain itu di latar belakang ini pula terdapat sedikit gambaran
tentang realita tempat penelitian.
2. Identifakasi Masalah
Identifikasi masalah berisi tentang
deskripsi atau penjelasan tenang masalah utama atau masalah yang akan
dipecahkan/diteliti.
3. Maksud dan Tujuan
Maksud
dan tujuan berisi tentang harapan atau hasil akhir yang ingin di capai/diterima
setelah meelakukan penelitian.
4. Batasan Masalah
Batasan
masalah berisi tentang apa saja yang akan menjadi batasan-batasan dalam
penelitian.
5. Metode Penelitian
Metode penelitian berisi tentang apa
saja metode-metode yang digunakan untuk melakaukan penelitian.
6. Sistematika Penulisan
Sistematika
penulisan berisi tentang gambaran secara umum mengenai penelitian yang akan
dilakukan/dilaksanakan
7. Literatur Review
Literatur
Review berisi tentang jurnal yang ada kaitannya/hubungannya dengan penelitian
8. Jadwal Kegiatan
Jadwal
kegiatan ini berisi tentang jadwal dari semua kegiatan dari awalnya dimulai
penelitian sampai selesai dan pembuatan laporan.
7. Literatur Riview
Guna
menambah informasi dan gambaran mengenai tema atau masalah yang peneliti ambil, peneliti menggunakan
beberapa literatur yang berkaitan dengan masalah yang peneliti ambil, berikut
beberapa riview yang peneliti gunakan.
Judul Artikel
|
Sistem Informasi Akademik Berbasis
Web SMP Negeri 4 Samarinda
|
Penulis
|
Natanien Dengen, Dyna Marisa Kh
|
Judul Jurnal/Proceeding &
tahun penerbitan
|
Jurnal Informatika Mulawarman Vol
4 No. 2 Juli 2009 18
Waktu akses : 24 Oktober 2013 15.47
|
Masalah utama yang diangkat
|
SMP Negeri 4 Samarinda yang belum
menerapkan SIAK (Sistem Informasi Akademik Komuniksi) padahal SMP tersebut
sudah menggunakan atau menerapkan kurikulum yang baru, dimana setiap mata
pelajaran mempunyai indeks-indeks atau aspek-aspek lagi misalkan pelajaran
bahasa Indonesia mmpunyai empat aspek yaitu mendengrkan, menulis, berbicara
dan membaca sehingga dengan adanya aspek-aspek ini seorang guru akan lama
untuk memberikan nilai sehingga dampaknya akan berimbas pada penyerahan
laporan ke kurikulum dan akhirnya informasi ke siswa akan lambat namun
apabila kita menerapkan SIAK ini maka akan membantu pekerjaan sekolah dan
mempercepat jalur informasi dari pihak sekolah ke pihak siswa.
|
Kontribusi Penulis
|
Penulis meneliti SMP Negeri
Smarinda, kemudin setelah itu penulis juga membuat suatu rancangan sistem.
Dimana dalam membangun sistem ini digunakan
alat bantu pengembangan sistem yaitu Data Flow Diagram (DFD), Context
Diagram, Entity Relationship Diagram (ERD) dan Flowchart serta dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP
dan HTML dan MySQL sebagai databasenya.
|
Metodologi
|
Metodologi
penelitian
A.
Metode
Penelitian
1.
Studi
Lapangan (Field Research)
2.
Studi
Kepustakaan (Library Research)
3.
Internet
4.
Analisa
Data
5.
Desain
B.
Analisa
Kebutuhan
1.
Kebutuhan Perangkat Keras (Hardware)
2.
Kebutuhan
Perangkat Lunak (Software)
3.
Kebutuhan
Antarmuka Pemakai (User Interface)
4.
Kebutuhan
Input
5.
Kebutuhan
Output
|
Ikhtisar artikel
|
SMP Negeri 4 Samarinda merupakan
salah satu sekolah yang terletak di Jln. Ir. H. Juanda No. 14 RT. 17
Kelurahan Air Putih Samarinda. Sekolah ini diresmikan berdasarkan Surat
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terhitung
mulai tanggal 02 September 1978 dengan nomor Surat Keputusan 0292/0/1978.
SMP Negeri Samarinda ini
menerapkan sistem akedemik yang baru, yaitu sistem dimana satu mata pelajaran
mempunyai beberapa aspek penilaian misalkan saja pelajaran bahasa Indonesia
mempunyai 4 aspek penilaian yaitu aspek membaca, menulis, mendengarkan dan
berbicara, sehingga unuk memberikan nilai secara keseluruhan agak lama karena
banyaknya yang harus dinilai dan oleh kerena itu pula sistem informasi dari
pihak sekoah ke pihak siswa/i terutama pada nilai agak terhambat.
Namun permasalah tersebut bisa
diatasi dengan menerpkan sistem informasi akademik berbasis online atau web,
dengan dibangunya sistem ini maka pihak sekolah akan terbantu untuk
menyampaikan informasi sehigga jalur informasi dari pihak sekolah ke pihak
siswa/i bisa lebih cepat, tepat dan update dan pekerjaan pun bisa diwujudkan
secara maksimal.
Sistem ini tediri dari beberapa
pengguna yaitu :
1. Administrator, seorang
administrator melakukan input data ke
dalam sistem serta melakukan update
jika terdapat penambahan data baru. Seorang
admin memiliki hak akses yang luas sehingga admin juga diberikan
laporan data nilai serta data
absensi siswa untuk dapat dicetak oleh admin sebagai arsipmanual.
2. Pengajar, seorang pengajar
diberikan hak akses untuk menginput data nilai dan absensi siswa didiknya ke dalam sistem
untuk kemudian
dilaporkan secara online kepada siswa yang bersangkutan.
3. Siswa, seorang siswa diberi hak
akses untuk melihat laporan data nilai
absensinya berdasarkan mata pelajaran dan pengajar tertentu yang telah
diinput oleh pengajar dari mata pelajaran masing-masing dan telah diolah
(processing) oleh sistem.
Untuk administator mempunyi
delapan tnggung jwab, kedelapan itu adalah
a. Proses 1 (Input Data Pegawai)
b. Proses 2 (Input Data Pengajar)
c. Proses 3 (Input Data Siswa)
d. Proses 4 (Input Data Kelas)
e. Proses 5 (Input Data Mata
Pelajaran)
f. Proses 6 (Input Data Jadwal
Mata Pelajaran)
g. Proses 7 (Input Data Aspek
Penilaian)
h. Proses 8 (Input Data Sarana dan
Prasarana Sekolah)
i. Proses 9 (Input Data Nilai dan
Absensi)
j. Proses 10 (Proses Daftar
Laporan).
|
Hasil penelitian
|
Perancangan sistem akademik
berbasis web di sekolah SMP Negeri 4 Samarinda, ang lebih difokuskan pada
aspek nilai dan absen secara online, perancangan sistem ini bertujuan agar
peyampaian informasi dari pihak sekolah ke pihak siswa/i bisa lebih cepat, tepat
dan update.
Sistem ini terdiri dari
administrasi, pengajar dan siswa, selain itu cara kerja sistem ini adalah
sebagai berikut .
a. Proses 1 (Input Data Pegawai)
b. Proses 2 (Input Data Pengajar)
c. Proses 3 (Input Data Siswa)
d. Proses 4 (Input Data Kelas)
e. Proses 5 (Input Data Mata
Pelajaran)
f. Proses 6 (Input Data Jadwal
Mata Pelajaran)
g. Proses 7 (Input Data Aspek
Penilaian)
h. Proses 8 (Input Data Sarana dan
Prasarana Sekolah)
i. Proses 9 (Input Data Nilai dan
Absensi)
j. Proses 10 (Proses Daftar
Laporan).
k. Proses 11 (Proses Laporan Nilai
dan Absensi)
|
Kesimpulan & saran
|
SMP Negeri 4 Samarinda seharusnya
sudah menerapkan Sistem Informsi ini sejak lama, karena dengan menerapkan
sisitem ini maka bisa membantu pekerjaan staf guru sehingga informasi dari
pihak sekolah ke pihak siswa/i bisa lebih cepat dan efisien.
|
Persamaan & Perbedaan dengan
penelitian skripsi
|
Persamaan :
Persamaannya terletak pada
pencarian data atau informasi, serta kebutuhan input dan outputnya
Perbedaan :
Perbedaannya terletak pada tempat
dan waktu penelitian, kebutuhan perangkat lunak dan perangkat keras yang
digunakan untuk membangun aplikasi ini.
|
Komentar
|
Sistem ini seharusnya diterapkan
diberbagai instansi atau sekolah baik itu negeri ataupun suasta, karena
dengan menerapkan sistem ini maka pekerjaan staf atau guru (pihak sekolh)
bisa bekerja secara maksimal dan dengan demikian informasi dari pihak sekolah
ke pihak siswa/i bisa tersampaikan secara cepat, tepat dan terupdate.
|
Judul Artikel
|
Pengelolaan sistem informasi
akademik perguruan tinggi berbasis
teknologi informasi dan komunikasi (tik)
|
Penulis
|
Etin Indrayani
|
Judul Jurnal/Proceeding &
tahun penerbitan
|
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1, April 2011
Waktu akses : 24 Oktober 2013 16.00
|
Masalah utama yang diangkat
|
Faktor- faktor baik itu faktor
teknis maupun faktor non teknis yang menghambat pemenfaatan teknologi
informsi dan komuniksi di berbagai perguruan tinggi.
|
Kontribusi Penulis
|
Penulis meneliti baik itu faktor
non tekis maupun faktor teknis yang menghambat Pemanfaatan Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) pada bidang layanan administrasi akademik di
perguruan tinggi, yang melibatkan 22 perguruan tinggi yang ada di Kota Bandung yang mengadaptasikan TIK
dalam sistem administrasi akademiknya dan yang mengelola program strata-1
(S1).
|
Metodologi
|
Metodologi
penelitian
Metode yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah dengan angket dan studi dokumentasi, setelah data
terkumpul maka dilakukan analisis dengan mengguakan metode statistik.
|
Ikhtisar artikel
|
Pemanfaatan Teknologi informasi
dan komounikasi (TIK) seharusnya sudah menjadi suatu kebutuhan dan mesti
diterapkan dimana-mama baik itu instansi, sekolah maupun perguruan tinggi,
namun penerapan atau pemanfaatan ini tidak lah mudah karena tidak sedikit
yang perguruan tinggi yang sudah memanfaatkan teknologi Cuma sekedar gaya
(lifestyle) semata selain itu banyak sekali kendala-kendala yang menghambat
perkembangan teknologi ini baik itu kendala atau faktor secara teknis mupun
faktor secara non teknis.
Faktor teknis meliputi: (1) Teknologi dan infrastruktur. Manajemen Sistem
Informasi Akademik membutuhkan perangkat komputer, jaringan internet dan
teknologi yang tepat. Persoalan saat ini adalah belum semua Perguruan Tinggi
memiliki teknologi dan infrastruktur tersebut, terutama di daerah pelosok;
(2) Desain materi. Penyampaian konten-konten data akademik melalui Sistem
Informasi Akademik perlu dikemas dalam bentuk yang berpusat pihak-pihak yang
terlibat dalam proses pembelajaran (mahasiswa-dosenstakeholder). Saat ini
masih sangat sedikit Sistem Informasi Akademik yang berpengalaman dalam
membuat suatu paket Sistem Informasi
Akademik yang memadai; (3) Finansial. Persoalan
finansial merupakan masalah yang pelik di Indonesia. Pengadaan fasilitas
Sistem Informasi Akademik membutuhkan
anggaran yang tidak sedikit dan hal ini belum tentu dapat dijangkau oleh
semua lembaga pendidikan di Indonesia; (4) SDM. Sumber Daya Manusia yang
mampu dan terampil dalam mendukung penerapan Sistem Informasi Akademik masih
terbatas, terutama di Luar Jawa.
Faktor
non-teknis meliputi : (1) Budaya. Pemanfaatan Sistem Informasi Akademik
berbasis TIK membutuhkan budaya akses dan belajar mandiri dan kebiasaan untuk
belajar atau mengikuti perkembangan melalui komputer/internet. Persoalan saat
ini, apakah budaya belajar mandiri telah dimiliki oleh semua pihak yang
terkait dengan proses Sistem Informasi Akademik pembelajaran, yaitu staff,
dosen, dan mahasiswa; (2) Buta teknologi (technology illeteracies). Kalau
jujur, masih banyak, staf administrasi, bahkan praktisi pendidikan dan
mahasiswa yang belum menguasai teknologi komputer dan internet, atau yang
terkait dengan ICT lainnya. Hal ini sebenarnya bukan hanya dikarenakan tidak
adanya minat atau kemauan untuk belajar, tetapi juga diakibatkan oleh tidak
adanya fasilitas komputer dan layanan internet yang memadai atau ketiadaan
biaya ongkos internet, khususnya yang kurang mampu secara finansial (daerah
pelosok).
|
Hasil penelitian
|
Terdapat beberapa variabel penentu
kinerja lembaga yang berasal dari Manajemen Sistem Informasi akademik yang
terdiri dari variabel Efektivitas Manajemen Sistem Informasi Akademik (X1),
Budaya TIK (X2), Ketersediaan Fasilitas (X3),Kualitas SDM (X4), pengaruhnya
terhadap variabel Kinerja Perguruan Tinggi (Y).
Pengembangan sistem informasi
akademik yang efektif, budaya TIK, ketersediaan Fasilitas TIK, dan Kualitas
SDM SIA memberikan kontribusi yang tinggi terhadap kinerja lembaga secara
umum.Efektivitas manajemen SIA, Budaya TIK,Ketersediaan Fasilitas TIK, dan
Kualitas SDM SIA secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kinerja Perguruan
Tinggi pada semua kategori penilaian
baik menurut manajemen lembaga, dosen dan mahasiswa.
Pengaruh tidak langsung melalui
variabel budaya TIK justru memberikan kontribusi yang negatif. Hal ini
mencerminkan bahwa efektivitas implementasi SIA berbasis TIK mensyaratkan
bahwa semua orang telah dalam kondisi siap dalam hal ketrampilannya,
sikapnya, persepsinya serta iklim kerjanya. Apabila hal tersebut belum
dipenuhi maka hal ini dapat memberikan kontribusi yang negatif bagi kinerja
lembaga.
|
Kesimpulan & saran
|
Semestinya kita sudah bisa
memanfaatkan teknologi informasi komunikasi karena dengan kita bisa memanfaatkannya
kita akan banyak terbantu dan pekerjaan akan bisa cepet selesai.
|
Persamaan & Perbedaan dengan
penelitian skripsi
|
Persamaan :
Persamaannya terletak pada
pembahasan
Perbedaan :
Perbedaannya terletak pada tempat
dan waktu penelitian, kebutuhan perangkat lunak dan perangkat keras yang
digunakan untuk membangun aplikasi ini.
|
Komentar
|
Teknologi informasi sekarang sudah
menjadi suatu kebutuhan yeng mesti kita manfaatkan.
|
8. Jadwal Kegiatan
No
|
Kegiatan
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
Januari
|
Ket.
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Pemilihan Judul
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
2
|
Studi Literatur
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
3
|
Pembuatan
Proposal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
4
|
Pengumpulan
Data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DAFTAR PUSTAKA
1.
“Jurnal Informatika Mulawarman Vol 4 No. 2 Juli 2009 18”
http://aptikom9.or.id/file/sistem-informasi-akademik-berbasis-web.pdf (Waktu akses : 24 Oktober 2013 15.47 )
2.
“Jurnal Penelitian
Pendidikan Vol. 12 No. 1, April 2011”
http://jurnal.upi.edu/file/5-Etin_Indrayani.pdf
(Waktu akses : 24 Oktober 2013 16.00 )
3.
Nazir, M., Metode Penelitian, Penerbit Ghalia
Indonesia, 2013
4.
Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method),
Penerbit Alfabeta, Bandung, 2013
A Short Description about youself
Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments
0 comments: